Saturday, November 14, 2009

PORT POLISHED HISTORY

Fokus porting pada Intake port bukan hanya pada membesarkannya, tapi membesarkan bentuk dasar dengan keluasan mengikuti 85 % diameter lubang tengkuk carburator ini sehingga bahan bakar tetap padat semasa masuk ke dalam silinder. Sifat udara tidak menyukai lekukkan yang terlalu tajam, karena itu kontur porting dibuat memiliki kelokan lembut, dari sini diharapkan terciptanya SWIRL masuk ke dalam silinder.

Exhaust port kita bentuk D-Shaped + Full high polished biar kerak tidak mudah melekat dan flow keluar jadi lebih lancar… Mangthaabb…

Pada sisi exhaust diperlukan penggeseran porting mengikuti kontur terdorongnya gas buang dari silinder menuju tengkuk ekzos. Usahakan pertemuan antara lubang porting dengan lubang ekzos, dan arah pembuangannya selaras. D-Shaped exhaust port dipercaya Graham Bell sebagai evolusi kontur porting yang paling efisien.

Polished diperlukan pada sisi ini agar kerak arang atau sisa karbon pembakaran tidak cepat melekat di area porting dan mengganggu flow.

—————————————————————————————————————————————–

Hi-Velocity for SIAMESED PORT

Hi-Velocity for SIAMESED PORT

Ini adalah cara tuning kepala silinder ala MOTORTUNE USA, yang dipelopori oleh pemikiran luar biasa Motoman. Penyempurnaan porting tidak selalu membesarkan lubang kemasukan campuran udara/bahan-bakar. Motoman melawan logik alat ukur FLOWBENCH yang biasa digunakan untuk mengembangkan sebuah geometri porting, dalam buku petunjuk Flowbench dikatakan setiap peningkatan CFM ( jumlah udara yang mengalir dalam setiap minit) maka akan terdapat peningkatan kuasa kuda. Yang logikanya : Jika kamu mau aliran air yang banyak maka besarkan saja ukuran selangnya, dan ada yang salah sepertinya dengan logik itu. :)

Oleh karenanya Motoman mengambil halauan “KIRI” , porting tidak lagi ia besarkan, jusetru ia modifikasi dengan menyempitkan Area porting hingga 30 %. Menurut penelitiannya ada beberapa area yang ternyata tidak sampai oleh aliran udara, sehingga dirasa dan tidak efektif membesarkan porting. Dan dia mengubahkan porting dengan cara sendiri.

—————————————————————————————————————————————–

Lain lagi dengan porting dengan geometri berbentuk persegi, kemungkinan cara membentuk porting yang sesuai adalah menghitung konfersi dari nilai keluasan area porting ke dalam bentuk lingkaran, sehingga kita dapat mengukur luasan efisiensi porting yang ingin dicapai.

SP_A2060

4 comments:

Sylvestermicgeal Micheal said...

Bro pm d whatsapp ada kha??

Muhd Randy said...

Where do you get this info? Same as me, im looking to create custom block, but too bad my skill need a lot to sharpened.

Muhd Randy said...

Where do you get this info? Same as me, im looking to create custom block, but too bad my skill need a lot to sharpened.

Muhd Randy said...
This comment has been removed by the author.